Masalah dan Musibah

GambarMasalah dan musibah sudah menjadi sunatullah, pertanda orang hidup dan milik semua orang. Yang membedakan adalah cara mensikapinya. Mungkin perlu evaluasi / muhasabah terhadap cara-cara kita mengambil sikap.  Masalah dan musibah adalah bagian dari cara-cara Allah menguji kesabaran kita sebagai manusia, apalagi mengaku orang yang beriman. “Apakah manusia itu mengira bahwa mereka dibiarkan (saja) mengatakan, ‘Kami telah beriman,’ sedang mereka tidak diuji lagi ?” (Al-Ankabut: 2)

Kesabaran selalu di upayakan namun manusia kadang rapuh atas ujian yang datang silih berganti. Selama dia bersandar dan ingat pada Allah, insya Allah segera mendapatkan kekuatan kembali.  Kadang yang membuat terasa berat adalah persepsi diri kita sendiri.  Allah Maha Tahu tentang diri dan hidup kita.

Salah satu hikmah dari persoalan hidup kita adalah agar kita setiap saat faham betapa lemahnya kita tanpa pertolongan-Nya. Bukanlah musibah, jika setiap kejadian yang kita alami meskipun membuat kita merasa kurang nyaman. Namun menyadarkan kita akan kuasa-Nya yang Maha Penolong dan Maha Pelindung. Tidak ada yang sia sia dari apa yang terjadi dalam hidup kita. Tinggal bagaimana kita menemukan makna dan hikmah untuk mendewasakan kita. Juga memastikan semua menetapkan hati kita dalam cinta dan kasihNya. “Boleh jadi kamu membenci sesuatu, padahal ia amat baik bagimu.” (QS. Al Baqarah : 216)

Sedih…
Bahagia…
Sunyi…

Semua yg kita lalui adalah melewati kehendak-Nya. Untuk memilih siapakah di antara kita yang benar benar berserah diri ? Siapa yang Sabar dan Bertahan ?

Semoga episode hidup kita hari ini, mampu membuat kita menjadi hamba yang semakin bersyukur, dan terlatih menemukan kebaikan kebaikan dari semua rencana-Nya dalam tiap detak jantung kita .

“Hasbunallah wa ni’mal wakiil (cukuplah Allah menjadi Penolong kami & Allah adalah sebaik-baik Pelindung).” (QS.Ali’Imron : 173). Hanya dengan-Nya hati kita selalu merasa tenang.

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s