Hati Yang Terjaga

Sungguh nikmat bila memiliki hati yang senantiasa terjaga dan hidup dalam semangat kebaikan. Membangunkan hati adalah fase terpenting dalam tarbiyah imaniyah.

Allah sebenarnya dekat. Apa yang membuat kita terasing / tidak mengenal terhadap Allah ? Dalam Al Quran Surat Al Muthoffifin : 14 disebutkan, “Sekali-kali tidak (demikian), sebenarnya apa yang selalu mereka usahakan itu (Roon) menutupi hati mereka.” ¬†Adanya Roon / noda hitam yg menutupinya berupa : kemaksiatan / dosa.

Bentuk usaha untuk membuka penutup tersebut berbeda tiap orang. Hati ibarat harta terpendam pada berbagai tingkatan di perut bumi. Ada yg mudah menjangkau dan ada yg butuh usaha keras.
Ada tanda kehidupan hati / harta kekayaan yang telah teraih tersebut :

  1. Lapanglah dada dan masuknya cahaya : rindu akherat, menyepelekan urusan dunia (apabila bertentangan dengan akherat) dan bersiap diri untuk kematiannya sebelum tiba.
  2. Hatinya bergetar bila ingat Allah. “Sesungguhnya orang-orang yang beriman ialah mereka yang bila disebut nama Allah gemetarlah hati mereka, dan apabila dibacakan ayat-ayatNya bertambahlah iman mereka (karenanya), dan hanya kepada Tuhanlah mereka bertawakkal.” QS Al Anfaal : 2
  3. Khusu’ hatinya ketika mengingat Allah. Khusu’ = merasa hina / tunduk di hadapan Allah
  4. Hadirnya hati ketika dzikir dan sholat
  5. Mudah menghadirkan hati
  6. Makin khusu’ setelah ibadah yang menghadirkan hati
  7. Merasakan manisnya iman yang tidak ada bandingannya : lebih mencintai Allah dan RasulNya, mencintai seseorang karena Allah Swt, benci kembali kepada keburukan setelah Allah menunjukkan kebaikan.

Carilah nikmatnya iman dalam : 1. Sholat 2. Dzikir 3. Tilawah Quran. ¬†Kalau tidak ada, wahai diri khawatirlah…

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s