Sukses itu adalah …

Saya mencoba merenungkan dan menggali lagi atas pemahaman yang telah selama ini saya miliki tentang sukses. Dari berbagai literature, buku-buku, cerita dan pengalaman yang disampaikan orang-orang tentang kesuksesan ternyata beragam sekali definisi dan pengertian yang dialami tentang kesuksesan. Ada kalanya orang yang sebenarnya secara pribadi nampak sukses tapi ternyata dalam kacamata dan sudut pandang orang lain belum tentu. Oleh karena itu saya mencoba sedikit mengambil kesimpulan dan mengumpulkan pemahaman tentang sukses sejati atau sukses yang sebenarnya. Mudah-mudahan bisa menjadi terwujudkan sesuai harapan.

  1. Sukses adalah apabila keinginan-keinginan / tujuan / impian yang baik dapat terpenuhi. Dapat dibayangkan betapa hati kita merasa puas bila kita punya keinginan dapat terpenuhi. Jadi teringat wajah anak-anak atau masa kecil ketika terpenuhi keinginannya.
  2. Sukses adalah apabila kita dapat menikmati ( lebih tepatnya : mensyukuri , berterima kasih ) atas apa-apa yang telah kita raih dan dapatkan dengan jalan yang benar, baik dan wajar.
  3. Sukses bisa juga dimaknai menikmati proses untuk meraih tujuan, berarti tidak hanya berfokus pada hasil walaupun umumnya hasil juga sangat diharapkan dapat dicapai. Maka tidak akan kecewa walaupun hasil belum / tidak sesuai dengan yang diharapkan selama telah melakukan usaha dengan sebaik-baiknya.
  4. Sukses besar ternyata kumpulan dari sukses-sukses kecil yang diraih sebelumnya.
  5. Sukses sejati ternyata apabila seseorang mampu menjalani fungsi peran dirinya secara baik dan seimbang. Mampu mengatur dirinya, melayani keluarganya, melayani masyarakat / lingkungan sosialnya dan fungsi peran hidup lainnya – sekali lagi – secara seimbang. Jika dapat terlaksana sungguh bahagia, karena sebaik-baik manusia adalah mereka yang mampu memberi banyak manfaat bagi sesama dalam kehidupannya. Jadi teringat makhluk Allah yang luar biasa : Lebah
  6. Sukses adalah keadaan diri dan lingkungannya semakin hari menjadi lebih baik dibanding hari kemarin.
  7. Puncak sukses adalah apabila mendapatkan kebaikan-kebaikan semasa kehidupannya di dunia dan kebaikan-kebaikan akherat ( masuk surga ) sesudah kematiannya. Khusus yang di akherat tentu merasakannya besok ya…kalau sudah melalui tahapan mati, insya-Allah, amiin…

Untuk semua hal tersebut kuingin mendapatkannya. Juga untuk Sahabatku, pembaca tulisan ini ku do’akan dengan setulusnya, semoga Anda meraih kesuksesan sejati.  Adakah definisi atau perasaan hati tentang sukses yang ingin sahabat bagikan di sini…?  Dipersilahkan….

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s