Hemat Air

Air merupakan barang kebutuhan yang bersifat sangat penting bagi kelangsungan hidup makhluk di bumi.
Namun saat ini mulai muncul kasus ketersediaan air baik dari sisi kuantitas maupun kualitas. Kelangkaan air menjadi isu besar dunia, terutama di kota-kota dengan pertumbuhan penduduk dan pembangunannya yang bertambah cepat. Berbagai masalah mengemuka. Misalnya, pembagian yang tidak merata, peningkatan kebutuhan air yang luar biasa, serta pencemaran air karena ulah manusia (proyek PLTA, penggunaan untuk industri, penggundulan hutan, pestisida dan obat-obatan, pembuangan limbah dan pertambangan). Selain itu, sumber air makin terkuras, terutama oleh karena tingkat penggundulan hutan yang terus berlanjut.

Paradok Air-Mutiara

Saat ini masih banyak warga yang berpandangan bahwa air bersifat given (pemberian tinggal pakai) dari alam dan jumlahnya tak terbatas. Cara pandang seperti ini membuat pola hidup masyarakat sangat tidak harmonis dengan alam. Dari sudut pandang ekonomi, kita mengenal istilah paradoks air-mutiara (water-diamond paradox). Air yang begitu esensial bagi kehidupan manusia dinilai sangat murah. Sedangkan mutiara yang hanya sebatas perhiasan dinilai sangat mahal.

Perlu upaya semua pihak bertindak mencegah dan menanggulang kekurangan air bagi keberlangsungan hidup generasi sekarang dan yang akan datang. Upaya itu di antaranya :

  1. Lakukan pola hidup hemat air, mulai hal terkecil sekalipun, mulai dari diri kita sampai level nasional yang berkelanjutan. Sebagai pengguna air terbesar, sektor pertanian perlu menggalakkan kampanye budidaya sektor pertanian (terutama padi) yang menggunaan air lebih efisien.
  2. Menampung air hujan. Misalnya, waduk, embung, situ, sumur-sumur resapan, lubang resapan biopori, dan tandon air. Tindakan ini dapat juga mencegahbencana banjir pada musim hujan.
  3. Penghijauan lahan secara menyeluruh dan berkelanjutan
  4. Penegakan hukum bagi para perusak lingkungan. Sanksi hukuman yang berat dan tegas terhadap tindak perusakan lingkungan diharapkan dapat mencegah kerusakan lingkungan

Kita tinggal di bumi yang sama. Terima kasih kepada saudaraku yang telah menggunakan air secara arif dan bijaksana dan jaga kelestarian sumber air untuk kehidupan.

One response to “Hemat Air

  1. nyari do google kok gak ada yakkk?????

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s